Kalau kamu termasuk orang yang berkecimpung di dunia IT, khususnya jaringan, istilah MikroTik pasti sudah sering didengar. MikroTik adalah salah satu hal yang wajib dipahami oleh para mahasiswa teknik informatika  serta pihak lain yang terlibat dalam pengembangan jaringan.

Apakah kamu penasaran dengan pengertian MikroTik, fungsi, sertifikasi, dan jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasan lengkap yang akan disampaikan di bawah ini. Jangan sampai kamu melewatkan semua informasi pentingnya.

Apa Itu MikroTik ?

Pertama, mari bahas pengertian atau defenisi dari MikroTik itu sendiri. MikroTik sendiri merupakan nama perusahaan kecil yang berkantor di pusat negara Latvia. Dan di bentuk oleh John Trully Arnis Riekstins, sekitar tahun 1966. Mereka berdua memulai dengan sistem operasi Linux dan MS DOS dan dikombinasikan dengan teknologi berbasis wireless (nirkabel) LAN atau WLAN Aeronet yang berkecepatan hingga 2Mbps di Moldova.

MikroTik adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk menyediakan layanan internet dengan cara menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan. Oleh karenanya, MikroTik banyak dimanfaatkan untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar. 

Di luar sana, terkadang orang masih tidak memahami perbedaan antara MikroTik dan router. Router merupakan perangkat keras untuk menjembatani antara dua jaringan, sedangkan MikroTik adalah sistem operasi yang termasuk dalam open source system.

Kemajuan dunia teknologi yang didalam MikroTik itu sendiri ada banyak fitur tambahan yang disediakan. Fitur tersebut yang membuat MikroTik semakin diminati penggunanya. Contoh fitur tambahannya adalah:

  1. Ipsec
  2. Caching DNS Client
  3. Routing Static Routing
  4. Firewall dan NAT
  5. Web Proxy
  6. SNMP
  7. Monitoring atau accounting
  8. Tools dan masih banyak fitur lainnya

Fungsi MikroTik

MikroTik merupakan system operasi dan perangkat lunak yang digunakan sebuah pc untuk router network yang handal. Namun pada kesempatan ini akan dibahas lebih mendalam tentang fungsi MikroTik dalam dunia jaringan. Berikut penjelsan lengkapnya.

1. Memberikan Sistem Otentikasi

Fungsi yang pertama, dipergunakan untuk membantu dalam memblokir situs yang mengandung konten yang dilarang tegas oleh undang – undang. Sehingga, program ini sangat mendukung untuk terciptanya internet positif sebagai langkah awal dalam mengurangi konten yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

2. Konfigurasi Jaringan Lokal

Dengan menggunakan mikrotik, mampu untuk mengatur dan mengkonfigurasi LAN (Local Area Network) yang menggunakan PC Mikrotik Router OS dan hardware yang berspesifikasi lebih rendah.

3. Untuk Pengelolaan Sistem Jaringan Internet

Fungsi yang ketiga adalah untuk jaringan internet secara lebih terpusat sehingga, administrator dapat melakukan pengelolaan dan manajemen data dengan lebih baik lagi.

4. Berperan sebagai Hotspot

Fungi yang keempat, juga berperan sebagai hotspot, dimana akan sangat mudah untuk melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer. Selain itu, juga memiliki tugas untuk memisahkan bandwidth traffic (lalu lintas) data internasional dan lokal.

5. Pembuatan PPPoE Server

Dan fungsi yang terakhir yaitu, digunakan untuk perangkat dalam pembuatan sebuah PPPoE Servers.

Manfaat MikroTik

Berikut beberapa manfaat dalam menggunakan MikroTik :

1. Sebagai Internet Gateway pada jaringan lokal

Kegunaan MikroTik sebenarnya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan lokal dengan internet. Selain itu, router MikroTik berperan penting dalam mengatur arus lalu lintas data. Lebih jauh lagi, kegunaan MikroTik juga sebagai pengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh client

2. Penghubung Antar Jaringan (Routing)

MikroTik memiliki fitur utama yakni routing. Fungsi dari penerapannya adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan serta menentukan jalur mana yang paling baik dan cepat untuk sampai pada computer address yang dituju. 

3. Sebagai Access Point

MikroTik dilengkapi oleh macam-macam fitur berbasis wireless yang berfungsi sebagai Access Point pada jaringan Wireless Fidelity. Penerapannya dapat kamu temui dalam jaringan publik lokal seperti cafe, sekolah, kantor, kampus maupun jaringan publik lainnya. 

Program Sertifikasi MikroTik

MikroTik juga menawarkan program sertifikasi yang ditujukan kepada engineer jaringan dalam mengelola jaringan dengan menggunakan perangkat dari MikroTik. Dalam dunia IT sertifikasi sangat penting karena merupakan suatu nilai lebih dari pemegang sertifikasi tersebut. Selain itu sertifikasi merupakan pengakuan dari vendor atau asosiasi terhadap kemampuan dari pemegang sertifikasi pada bidang tertentu.

Ada beberapa program sertifikasi yang ditawarkan oleh MikroTik adalah sebagai berikut:

  • MTCNA – MikroTik Certified Network Associate
  • MTCRE – MikroTik Certified Routing Engineer
  • MTCWE – MikroTik Certified Wireless Engineer
  • MTCTCE – MikroTik Certified Traffic Control Engineer
  • MTCUME – MikroTik Certified User Management Engineer
  • MTCIPv6E – MikroTik Certified IPv6 Engineer
  • MTCINE – MikroTik Certified Inter-networking Engineer
  • MTCSE – MikroTik Certified Security Engineer
  • MTCASE – MikroTik Certified Advanced Security Engineer

Secara umum dari semua program sertifikasi MikroTik di atas dibagai lagi menjadi 3 level yaitu:

  1. Level Basic: MTCNA
  2. Level Advanced: MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUME, MTCIPv6E, MTCSE
  3. Level Expert: MTCINE, MTCSA

Untuk dapat mengikuti sertifikasi pada level Advanced atau Expert, peserta harus sudah mengambil sertifikasi level Basic (MTCNA) terlebih dahulu. Sertifikasi MTCNA dapat dilakukan di MikroTik Training Centers (MTC) yang banyak terdapat di kota-kota besar dengan biaya yang terjangkau seperti Wi-Learning, atau dapat juga dilakasanakan di MikroTik Academy (MA) yang ada di sekolah atau perguruan tinggi yang telah resmi menjadi MikroTik Academy. Program sertifikasi MTCNA di MikroTik Academy hanya dapat mengadakan pelatihan dan ujian sertifikasi kepada siswa yang ada di sekolah/perguruan tinggi itu sendiri. Sedangkan untuk sertifikasi level Advanced dan Expert hanya dapat dilakukan oleh MikroTik Training Centers.

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Open chat
Terima kasih, ingin ikut kursus komputer tapi masih bingung kursus apa yang cocok unuk kamu ?
Lanjut ke chat, admin siap membantu 😊
%d bloggers like this: